admin/ July 19, 2019/ narasi bapak/ 0 comments

Ditulis Bapaknya Hikam

Apapun itu yang terpenting doa dan pengharapan mutlak kepada Sang Khalik. Mutlak. Tidak kepada yang lain.

Kehidupan baru memang sungguh sangat layak untuk dinantikan. Bagi bapaknya Hikam ini adalah petuangan baru yang penuh haru. Sembilan bulan, tepatnya 38 minggu  waktu guna menunggu. Apalagi masa penantian ini baru pertama kali dirasakan.

Proses penantian itu membutuhkan beberapa ritual untuk dilakoni. Ritual untuk memantapkan laku sebagai bapak baru. Ritual untuk memantapkan hati, memantapkan raga, memantapkan tempat tinggal, tidak lupa juga memantapkan isi dompet. Jika tidak ada persiapan, percayalah dan bersiaplah untuk menangys, kecuali supporting system keluarga kalian sifatnya tak terbatas.

Ritual yang harus pertama dilakukan adalah iqro. Perbanyak membaca literatur mengenai seputar ibu hamil dan si kecil yang baru lahir. Kalau pembaca yang budiman malas membaca, ya banyak-banyaklah bertanya kepada orang sudah pernah hamil, atau menjaga orang hamil, atau orang yang pura-pura hamil juga boleh.

Kesehatan fisik ibu hamil terlebih mental state-nya sungguh berbanding lurus dengan kesehatan mental si calon bapak. Ibu Hamil lebih banyak membutuhkan perhatian daripada sebelum hamil. Paling tidak berilah perhatian istri kalian yang sedang hamil dua kali lipat daripada saat sedang PDKT.

Itu baru dari segi psikis saja, belum dari asupan bagi tubuh. Bayi yang sehat lahir dari Ibu yang sehat pula. Camkan itu kisanak. Makanan yang bermicin dikurangi. Perbanyak buah dan sayur. Multivitamin ditambahin. Biasanya oleh dokter obsgyn akan diberikan Folamil Genio. Jika tidak ada keluhan tambahan, Folamil Genio sudah lebih dari cukup.

Sepengalaman bapaknya hikam ini membandingkan komposisi nutrisi antara Folamil Genio dibandingkan dengan Blackmores Pregnancy lebih lengkap Folamil. Tapi Blackmores punya kelebihan satu, yakni mengandung minyak ikan. Selebihnya sih dalam persepsi bapaknya Hikam mending Folamil Genio. Buat preferensi saja, Genio harganya Rp 125.000 -Rp 128.000 per 30caps, jadi satu kapsul harganya Rp 4.100 – 4.200. Sementara Blacmores Rp 160.000 per 60 caps, per satu kapsulnya jadi sekitar Rp 2.700.

Ritual kedua adalah perbanyak dizikir sama membaca quran disamping istri yang lagi hamil. Bagi yang memiliki kepercayaan lain bisa ndengerin musik klasik sambil bobok-bobok bareng istri. Jangan keterusan yang ena-ena ya, apalagi kalau trimester pertama. Trimester ketiga deh silakan dipuaskan “dahaganya”.

Memperbanyak dzikir dan bacaan quran selain untuk menenangkan jiwa si calon bapak juga untuk memerkenalkan si kecil dengan kalimat kalimat yang baik dan indah. Menguatkan resonansi pesan ketauhidan yang memang sudah dimiliki si kecil sejak ditiupkannya roh. Kalau dalam tradisi masyarakat Jawa biasanya akan benar benar diacarakan empat bulanan dan tujuh bulanan.

Pada masa penantian Hikam kemarin, kami sebenarnya hanya ingin menggelar empat bulanan saja. Dibacakan beberapa surah dalam Quran seperti  Al-Mulk, Lukman, Maryam, Yusuf, Waqiah, dan Ar-Rahman. Sederhana saja, mengundang Mbah Kaum dan tetangga sekitar. Simbahnya Hikam merasa empat bulanan saja belum cukup, digelarlah tujuh bulanan. Karena permintaan orang tua dan kami pikir tidak ada salahnya juga dilakukan, akhirnya terjadi juga.

Janganlah bayi yang masih dalam kandungan dicemari dengan pisuhan, makian, dan rasan-rasan. Ia bisa merasa. Karena itu penuhilah ia dengan doa-doa, ucapan-ucapan dan tindakan-tindakan yang baik. Bahkan dalam kepercayaan masyarakat Jawa, ketika istri sedang hami, suaminya sampai tidak boleh untuk membunuh hewan. Mancing saja tidak boleh, dikhawatirkan bisa menghilangkan nyawa dari hasil tangkapan.

Terkait dengan doa, mempersiapkan nama untuk jabang bayi juga harus yang baik. Nama adalah doa. Jadilah ia yang baik. Begitu juga dengan nama anak kami. Terselip doa untuk mengiringi kehidupannya hingga nanti. Aksara Hikam Nararya. Menjadi manusia bebas dan dimuliakan, yang penuh dengan kebajikan.

Apapun itu yang terpenting doa dan pengharapan mutlak kepada Sang Khalik. Mutlak. Tidak kepada yang lain.

Share this Post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
*
*